Categories
Uncategorized

Tips Mengecat Plafon Rumah Untuk Membuat Suasana Lebih Berbeda

Dengan mengecat plafon suasana di rumah anda akan menjadi lebih berbeda. Mengecat plafon mudah dilakukan, sama halnya dengan mengecat dinding. Namun, meskipun begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses pengecetan plafon berjalan dengan lancar. Nah, di bawah ini beberapa tips mengecat plafon rumah yang dapat anda simak.

Tips Mengecat Plafon Rumah

Anda bisa memilih warna yang cantik untuk plafon sesuai dengan keinginan. Agar lebih serasi, anda bisa menggunakan warna plafon sesuai dengan warna dinding. Namun, sebaiknya jangan memilih warna yang gelap karena akan membuat ruangan menjadi gelap dan terkesan sempit. Perhatikan beberapa tips mengecat plafon rumah untuk membuat suasana rumah anda lebih berbeda di bawah ini.

Pindahkan Terlebih Dahulu Perabotan di Rumah

Tips pertama yang harus anda lakukan sebelum mengecat plafon di rumah anda yaitu dengan memindahkan terlebih dahulu perabotan pada ruangan yang plafonnya akan dicat. Namun, jika perabotan ukurannya besar dan sulit dipindahkan, anda bisa menutupnya agar perabotan tetap bersih dan tidak terkena cat yang berjatuhan ke bawah. Selain perabotan yang harus anda tutup, anda juga harus menutup permukaan lantai di rumah dengan menggunakan plastik.

Matikan Sumber Listrik

Tips selanjutnya yaitu mematikan sumber listrik supaya tidak ada aliran listrik yang akan membahayakan ketika anda mengecat plafon. Anda juga harus memindahkan atau menutup lampu yang terdapat pada plafon.

Baca juga : Tips Rumah Lebih Lapang

Pastikan Plafon Tidak Bocor

Sebelum memulai mengecat plafon anda harus memastikan bahwa tidak ada kebocoran pada plafon rumah anda. Apabila terdapat plafon yang bocor, maka anda harus membetulkannya terlebih dahulu.

Tutup Dinding yang Berbatasan dengan Plafon

Dinding yang berbatasan dengan plafon harus anda tutup. Untuk menutupnya anda bisa menggunakan isolasi kertas.

Bersihkan Alat yang Akan Digunakan Untuk Mengecat Plafon

Bersihkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk mengecat plafon. Jika anda akan menggunakan roll, sebelum digunakan anda harus membersihkannya terlebih dahulu dari kotoran ataupun debu yang menempel.

Bersihkan Plafon

Plafon harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran yang menempel, baik debu, minyak dan kotoran yang lainnya. Jika plafon rumah anda sudah bersih, anda bisa langsung mengecatnya dengan menggunakan cat yang sudah anda sediakan.

Proses Pengecatan

Saat mengecat plafon anda bisa memulainya dari bagian pinggir. Alat yang dapat digunakan untuk mengecatnya yaitu kuas berukuran sedang. Ini dilakukan supaya bagian pinggir plafon hasil catnya rapi. Kemudian untuk plafon di bagian tengah anda bisa melapisinya dengan roll. Anda harus memastikan ketebalan cat pada plafon sama. Apabila cat pada roll kurang, anda bisa mencelupkannya ke dalam cat lagi.

Selain beberapa tips di atas, saat mengecat plafon anda juga harus memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

  • Pengecatan plafon sebaiknya dilakukan ketika pagi sampai siang hari supaya cat lebih mudah mengering.
  • Selain itu, anda harus memperhatikan instruksi yang terdapat pada kemasan cat agar proses pengecatan plafon di rumah anda berjalan lancar.
  • Untuk menjangkau bagian plafon yang lebih tinggi, anda bisa menggunakan bantuan tangga.
  • Saat mengecat plafon dengan menggunakan roll, pastikan anda memperhatikan gerakan roll. Dibanding melebar alangkah lebih baik dengan cara memanjang.

Itulah beberapa tips mengecat plafon rumah untuk suasana rumah yang lebih nyaman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *