Categories
Uncategorized

Pemotongan Laser Logam – Dasar-Dasarnya

Tips Desain
Karena pemotongan laser adalah teknik dua dimensi, menyiapkan file sangat mudah. Cukup buat perimeter bagian yang ingin Anda buat dan kirimkan ke layanan pemotongan laser online.
Anda dapat menggunakan hampir semua aplikasi menggambar dua arah asalkan memungkinkan Anda untuk menyimpan file Anda dalam format yang sesuai dengan layanan yang Anda pilih. Ada banyak alat CAD, termasuk alat gratis yang dirancang untuk model 2D.
Untuk membuat bagian pertama dari pemotongan laser lembaran logam, Anda harus melakukan hal berikut:
1. Gambarkan keliling bagian yang diinginkan dalam program menggambar vektor.
2. Simpan dalam format file yang sesuai (lihat daftar layanan online yang didukung dan jenis file).
3. Unduh dari layanan pemotongan laser online.
4. Periksa harga atau minta penawaran dan jika harga sudah benar, minta bagiannya.
5. Tunggu pengiriman.
Sebelum memesan sesuatu untuk memotong laser, Anda harus mengikuti beberapa aturan. Sebagian besar layanan akan memiliki semacam panduan di situs Anda, dan Anda harus mengikuti ini ketika mendesain bagian Anda, tetapi berikut adalah beberapa pedoman umum:
1. Fitur Mati
Semua fasilitas pemotongan harus ditutup, titik. Ini adalah aturan yang paling penting dan logis. Jika kontur tetap terbuka, tidak mungkin untuk menghapus bagian dari lembaran logam. Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah baris tersebut untuk menulis atau menulis.
2. Warna dan ketebalan garis
Aturan ini berbeda untuk semua layanan online. Anda harus memeriksa warna dan ketebalan garis yang diperlukan untuk potongan. Beberapa layanan menawarkan ukiran laser atau ukiran selain memotong dan dapat menggunakan warna garis yang berbeda untuk memotong dan ukiran. Misalnya, garis merah dapat didedikasikan untuk memotong, sedangkan garis biru dapat dibuat untuk ukiran.
Beberapa layanan tidak peduli dengan warna atau ketebalan font. Sebelum mengunggah file Anda, periksa dengan layanan yang Anda pilih.
3. Lubang bundar
Jika Anda membutuhkan lubang toleransi yang sempit, disarankan untuk menembus laser dengan bor dan kemudian dengan lubang. Lubang tersebut menciptakan lubang kecil pada material yang akan memandu bor saat pengeboran nanti. Diameter lubang yang dibor harus sekitar 2-3 mm, tetapi itu tergantung pada diameter lubang terakhir dan ketebalan material. Sebagai aturan umum, dalam hal ini, pergi sekecil mungkin (jika mungkin, lakukan dengan ketebalan material) dan perlahan-lahan mengebor ke dalam lubang yang lebih besar dan lebih besar sampai Anda mencapai diameter yang diinginkan.
4. Lubang-lubangnya diulir
Ini hanya masuk akal untuk ketebalan material setidaknya 1,5 mm. Misalnya, baja meleleh dan menguap ketika laser dipotong. Setelah tenang, bagian-bagian menjadi mengeras dan sulit untuk dikencangkan. Untuk alasan ini, adalah praktik yang baik untuk menembus laser dan mengebor beberapa lubang, seperti yang ditunjukkan di bagian belakang, sebelum memotong garis.
5. Irisan fillet
Lembaran logam mungkin memiliki sudut yang tajam, tetapi menempelkan strip di setiap sudut – setidaknya setengah dari ketebalan material – akan membuat bagian lebih ekonomis. Bahkan jika Anda tidak menambahkannya, beberapa layanan pemotongan laser akan menambahkan irisan kecil ke setiap sudut. Jika Anda membutuhkan sudut tajam, mereka harus ditandai seperti yang dijelaskan dalam instruksi pengoperasian.
6. Retak dan tab
Lebar slot minimum tidak boleh kurang dari 1 mm atau ketebalan material, mana yang lebih besar. Panjangnya tidak melebihi lima kali lebarnya. Ketebalan flap harus setidaknya 3 mm atau dua kali ketebalan material, mana yang lebih besar. tritunggalmetal jasa laser cutting metal halnya retakan, panjangnya harus kurang dari lima kali lebarnya.
Jarak antara retakan tidak boleh kurang dari 3 mm, sedangkan flap harus memiliki jarak setidaknya 1 mm atau ketebalan material, mana yang lebih besar.
Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan bagian yang cacat.
7. Banyak bagian atau fitur tipis

Saat memotong beberapa potong pada lembaran logam yang sama, merupakan aturan yang baik untuk meninggalkan ketebalan bahan minimum di antara mereka. Jika Anda menjaga potongan terlalu dekat atau memotong fitur yang sangat tipis, Anda berisiko membakar bahan di antara dua garis pemotongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *