Categories
Uncategorized

Gejala Umum Katup Aorta yang Tidak Boleh Diabaikan

Seperti halnya cacat katup lainnya, gejala umum katup aorta mungkin tidak muncul selama bertahun-tahun. Saat gejala muncul, mereka dapat bermanifestasi secara lambat atau tiba-tiba. Gejala mulai bermanifestasi karena ventrikel kiri harus bekerja lebih keras dari biasanya. Seiring waktu, ventrikel membesar dan cairan menumpuk. 

IMG_256

mayoclinic.org

Gejala Umum Katup Aorta

Gejala kelainan katup aorta tergantung pada pasien dan jenis penyakit katup serta tingkat keparahannya. Beberapa pasien tidak memiliki gejala. Ada orang lain yang memiliki gejala ringan. Dan dalam kasus lain, gejala baru muncul setelah bertahun-tahun. Namun gejala yang umum terjadi adalah sebagai berikut:

  • Aritmia jantung: bunyi detak jantung yang abnormal. Aritmia jantung bisa seperti suara bersiul, melengking, atau detak jantung yang keras. 
  • Nyeri dada, sesak dada, tekanan dada dan ketidaknyamanan dada (angina)
  • Sulit bernafas / nafas pendek / nafas tersengal-sengal, terutama terjadi ketika Anda sangat aktif atau ketika Anda berbaring. Gejala ini mungkin memburuk selama aktivitas dan latihan fisik.
  • Rasa sakit, mati rasa, lemah, dan sensasi dingin di kaki atau lengan.
  • Nyeri di leher, rahang, tenggorokan, perut bagian atas atau punggung.
  • Pusing
  • Pingsan
  • Lebih cepat lelah
  • Nafsu makan menurun (terutama pada anak-anak)
  • Berat badan dibawah ideal tubuh (terutama pada anak-anak)
  • Pembengkakan pergelangan kaki dan kaki (terutama di akhir sore atau di awal malam).

Pencegahan pada Orang Dewasa

Setelah mengetahui gejala umum katup aorta, apakah ada pencegahan yang bisa dilakukan? Secara garis besar, penyakit ini susah untuk dicegah. Namun gaya hidup sehat selalu membuahkan hasil. Dengan pola hidup sehat, Anda dapat mengendalikan sebanyak mungkin faktor resiko, tidak hanya penyakit jantung, tapi juga penyakit lainnya. 

Anda bisa memulai dengan olahraga, tidak merokok, perbanyak sayur dan buah, serta istirahat cukup. Satu langkah lain yang bisa dilakukan adalah memastikan bahwa Anda tidak terkena demam rematik, yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. 

Jika Anda mengalami infeksi tenggorokan, Anda harus didiagnosis sesegera mungkin dan perlu diobati dan dicek secara rutin untuk menghindari terulangnya infeksi. Jika Anda memiliki penyakit katup, Anda juga harus memberi tahu dokter gigi Anda, karena Anda harus minum antibiotik sebelum menjalani prosedur gigi. 

Jika Anda menderita penyakit katup dan tidak minum antibiotik sebelum prosedur gigi atau bedah, Anda dapat meningkatkan resiko terkena infeksi pada tunik internal jantung. Infeksi ini disebut “endokarditis infektif”.

Pencegahan pada Bayi/Anak-Anak

Stenosis katup aorta biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua, tetapi ada beberapa bayi yang lahir dengan kondisi ini. Ini adalah anomali yang lebih umum pada anak laki-laki daripada perempuan. Bayi dengan stenosis katup aorta terjadi ketika bagian jantung bayi tidak berkembang sebagaimana mestinya selama kehamilan. 

Dokter tidak tahu mengapa itu terjadi, tetapi itu bukan karena apa yang telah dilakukan ibu selama kehamilan, sehingga tidak dapat dicegah. Namun, selama kehamilan, calon ibu bisa menjalani cek echocardiogram janin, yaitu jenis tes yang membantu kelainan jantung diagnosa, sehingga memungkinkan dokter melakukan persiapan pengobatan begitu bayi lahir.

Anda mungkin tidak menerima diagnosis penyakit ini sampai Anda mengalami serangan jantung, stroke, atau gagal jantung. Namun, tetap penting bagi Anda untuk mengontrol gejala umum katup aorta secara rutin, dan sampaikan semua keluhan Anda secara lengkap dan jujur kepada dokter yang kompeten. Karena dengan evaluasi berkala, kelainan katup aorta dapat dideteksi tepat waktu.

Artikel :

Artikel
https://www.honestdocs.id/katup-aorta
https://www.alodokter.com/penyakit-katup-jantung
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/serangan-jantung/sering-lelah-salah-satu-gejala-penyakit-katup-jantung/
https://www.halodoc.com/ketahui-9-gejala-dari-penyakit-katup-jantung
https://www.alodokter.com/penyakit-katup-jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *