Categories
Uncategorized

Dari Mana sih Kartu Nama Berasal?

Kartu nama adalah salah satu hal sehari-hari yang telah ada selama berabad-abad dan memiliki asal yang agak menarik. Selama bertahun-tahun, kartu nama telah mengubah bentuk fisik dan tujuan awalnya sesuai dengan teknologi zaman dan tren yang terjadi di sekitarnya.

Kartu nama memulai perjalanan hidupnya sejak abad ke-15 di Cina di mana kertas tersebut diyakini berasal. Tetapi penggunaannya yang pertama diketahui adalah pada abad ketujuh belas, ketika itu digunakan oleh aristokrasi Prancis sebagai “biletes visite” atau kartu kunjungan. ‘Visit bilet’ ini hampir hanya seukuran setumpuk kartu. Kartu-kartu ini dikirimkan ke server yang mereka kunjungi dan digunakan untuk mengumumkan kedatangan tamu terhormat. Pada 1650 kartu kunjungan menjadi populer dan mulai digunakan secara luas di seluruh aristokrasi Eropa.

Ketika penggunaannya menjadi populer, dekorasi kartu menjadi lebih khas yang juga membentuk sistem etiket yang datang bersamaan dengan penggunaannya. Kartu kunjungan di kalangan kelas atas justru dibuat, beberapa di antaranya dihiasi dengan potret keluarga atau lambang. Secara tradisional, rumah kepemimpinan senior memiliki nampan kartu perak untuk mengunjungi kartu di meja aula dengan pena, sehingga jika perlu, mereka dapat menulis sesuatu di kartu kunjungan. Baki kartu ini juga telah digunakan sebagai perpustakaan untuk orang-orang yang harus dikunjungi keluarga.

Sekitar waktu yang sama, kartu kunjungan ini juga digunakan di Inggris tetapi mengalami sedikit modifikasi penggunaannya. Pedagang Inggris sering menggunakannya sebagai bentuk propaganda dan peta yang menunjukkan bisnis mereka, dan karena itu mereka menyebutnya “kartu nama” daripada kartu kunjungan.

Nomor jalanan tidak ada pada saat itu, jadi kartu nama ini sama efektifnya dengan menggunakan koran. Kartu panggil juga mulai populer pada saat itu. Kartu perdagangan berbeda dari “kartu panggil” pada saat itu karena kartu perdagangan digunakan untuk tujuan komersial dan kartu panggil untuk tujuan pribadi. Kedua jenis kartu juga memiliki ukuran yang berbeda, karena kartu komersial lebih besar, sekitar 3 ½ inci kali 5 inci, sementara kartu panggil lebih kecil.

Kemajuan teknologi dalam pencetakan menyebabkan produksi dan penyebaran kartu nama selama abad kedelapan belas. Pada saat itu kartu nama diproduksi secara monoton menggunakan proses pemotongan kayu karena ukiran pada tembaga adalah yang paling populer. Namun sekitar tahun 1830, litografi yang menggunakan banyak warna menjadi metode pencetakan yang luas yang digunakan di Eropa.

Selama waktu ini masih digunakan secara sangat formal oleh kelas atas yang mencakup protokol untuk menangani kartu nama yang diharapkan dapat dipahami oleh anggota masyarakat kelas atas. Kartu nama masih harus dikirim sebelum kunjungan dan diperiksa oleh pemilik rumah sebelum kunjungan yang sebenarnya terjadi.

Jika sudut kanan atas kartu dilipat, ini berarti bahwa pemegang kartu menunjukkan kartu secara langsung sementara kartu yang dilipat di tengah menunjukkan bahwa panggilan itu diarahkan ke beberapa atau semua anggota keluarga. Surat kartu nama juga memiliki makna. P. Berarti kunjungan ucapan selamat, atau “hal.” Untuk memanggil konsol dan sebagainya.

Selama Revolusi Industri, kartu nama mulai kehilangan semua formalitas penggunaannya dan menjadi semakin praktis dalam tujuannya, meskipun sebagian besar masyarakat tinggi masih mempertahankan penggunaannya secara moral. Kegigihan menyebabkan berurusan dengan kartu nama dan kartu bisnis secara terpisah sehingga ketika mengirim kartu nama ke rumah Anda, ini biasanya berarti mengumpulkan tagihan.

Di Amerika Serikat, meluasnya penggunaan kartu nama datang pada akhir abad kesembilan belas dan digunakan sebagai metode penggunaan sekarang di abad kedua puluh. Saat ini, kartu nama memiliki sedikit perbedaan baik untuk penggunaan pribadi atau komersial, dan sering digunakan sebagai kartu panggil. Kita sering menerima kartu nama begitu saja, tetapi menarik mengetahui bagaimana kartu itu berkembang seiring waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *